Home

Sabtu, 27 Oktober 2012

Welcome to Nur-Ma'unah


Welcome to Nur-Ma'unah 
Ajang Bertukar Pikiran Filosofi Kebatinan, Spiritual, dan Kegaiban.



Selamat datang di web kami.
Ini adalah tempat kita, yang menjadi penggemar cerita tentang "dunia lain" atau tentang hal-hal gaib, untuk bertukar pikiran / bertanya-jawab mengenai hal-hal gaib dan spiritual.  Kita tidak memandang dari sudut pandang agama, sehingga tidak perlu dipertentangkan dengan agama apapun. Sudut pandang kita adalah berdasarkan cerita-cerita di masyarakat, mitos, legenda, pengetahuan atau pengalaman-pengalaman pribadi, dsb, untuk dicoba diungkapkan kebenarannya supaya tidak menjadi cerita yang menyesatkan.

Kita boleh berbeda pendapat mengenai banyak hal, apalagi mengenai hal-hal gaib yang tidak tampak mata biasa. Bila ada di antara kita yang tidak percaya dengan hal-hal gaib juga tidak apa-apa. Kita harus saling menghormati dan menghargai. Kami juga mengundang teman-teman para pembaca yang memiliki kemampuan melihat / mengetahui hal-hal gaib untuk ikut berpartisipasi dalam tulisan ini dan kami berterima kasih atas partisipasinya. Forum ini dimaksudkan untuk ajang bertukar pikiran atau bertukar pengalaman yang akan secara positif menambah wawasan dan pemahaman kita.

Banyak yang memandang spiritual dan cerita mahluk gaib hanyalah budaya / kehidupan masa lalu. Tetapi nyatanya tidaklah demikian. Itu merupakan bagian dari kehidupan manusia pada umumnya yang tetap ada dan berkembang hingga saat ini. Kenyataan ini merupakan bagian dari kehidupan manusia sehari-hari dan masih dapat kita alami hingga saat ini. Memang banyak orang yang tidak percaya atau tidak peduli lagi tentang hal-hal tersebut, namun banyak juga yang tetap meyakininya, karena mereka mengalami sendiri fenomena-fenomena gaib itu. Bahkan ada saja orang yang masih melakukan cara-cara bernuansa kebatinan, spiritual, dan mistik, dalam rangka membantu menyelesaikan persoalan hidup. Semua itu dianggap sebagai bagian dari usaha dan doa.  Bagaimana korelasinya bagi kita yang hidup di jaman modern ini ?
Meskipun sekarang jaman modern, jamannya mesin dan internet, bukan berarti para mahluk halus itu menghilang dengan sendirinya dan kejadian-kejadian supranatural tidak ada lagi. Baik kita percaya maupun tidak, mereka tetap ada, hanya interaksinya dengan manusia saja yang berkurang.  Walaupun interaksinya dengan manusia sudah jauh berkurang, tetap saja selalu terbuka kemungkinan adanya interaksi mahluk halus dengan manusia. Termasuk di negara modern yang masyarakatnya hidup dengan cara hidup dan sikap berpikir modern, ada saja kejadian-kejadian supranatural atau pun sakit-penyakit yang sumber penyebabnya adalah interaksi mahluk halus, sehingga tidak bisa dinalar dan disembuhkan dengan cara-cara modern. 
Manusia cenderung untuk tidak berhati-hati, karena manusia meremehkan pengaruh keberadaan mereka, atau menjauhi mereka karena dorongan agama, atau memaksakan rasionalisasi sikap berpikir manusia yang tidak mau menghubung-hubungkan semua kejadian di dunia manusia dengan keberadaan mahluk halus. Manusia menjadi tidak menyadari bahwa ada banyak mahluk halus yang hidup di sekitarnya yang juga memperhatikan kehidupannya dan kadangkala juga berinteraksi, memberikan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung, positif ataupun negatif, terhadap manusia. Mereka memperhatikan kehidupan manusia dan mereka juga bisa membaca perasaan dan jalan pikiran manusia. Tetapi ketidak-tahuan itu tidak berlaku untuk manusia yang mau mengerti, mampu mengetahui rahasianya dan bisa menangkal pengaruh negatifnya.
Cerita tentang kegaiban dan mistik dipenuhi dengan mitos dan tahayul. Sulit untuk mencari kebenaran yang sejati,  kecuali bagi mereka yang mempunyai kemampuan untuk menyingkap misterinya. Maka dengan upaya penulisan-penulisan ini diharapkan bisa memperkaya pemahaman kita tentang dunia supranatural, bisa menjadi bahan untuk menyingkap misterinya secara logis dan bisa mengambil manfaatnya dalam kebijaksanaan bersikap.
Apa yang akan kita ungkapkan tentunya dilakukan dengan batasan-batasan kebijaksanaan dan kepantasan yang baik untuk semua orang. Sebagian isi tulisan ini berkaitan dengan budaya dan kehidupan jaman dulu. Dalam penulisan ini dicoba untuk diungkapkan kondisi tersebut supaya kita dapat lebih mengerti tentang sesuatu hal sesuai masa terjadinya, bukan hanya memandang dari sudut pandang jaman sekarang, yang seringkali dibumbui mitos dan pengkultusan, yang jelas akan tidak sama dengan kondisi aslinya jaman dulu. Sebagian tulisan ini juga berisi cerita dan dongeng tentang tokoh-tokoh tertentu pada jaman dulu. Kami coba sajikan kembali dengan mengungkapkan kejadian yang sebenarnya pada masa itu, yang sejalan dengan kesaksian dari para pelakunya, yang mungkin akan berbeda dengan cerita dan legenda yang sering didengar masyarakat pada jaman sekarang.


Sekali lagi, kami tidak bermaksud untuk mengajak berpikiran klenik. Justru tulisan-tulisan ini adalah supaya kita memperoleh wawasan baru dan benar, supaya tidak berpikir klenik, menjadi tahu cerita yang sebenarnya, dan tidak hidup dalam alam tahayul yang tidak jelas kebenarannya dan menyesatkan atau dibodohi oleh pemikiran-pemikiran yang salah atau dibodohi oleh orang-orang tertentu untuk maksud tertentu.

Tulisan-tulisan yang terkait dengan hal-hal kegaiban dan mahluk halus tidak dimaksudkan untuk menyimpang dari ajaran agama dan tidak perlu dipertentangkan dengan agama apapun. Sebagian tulisan dan cerita dalam situs ini juga berhubungan dengan kebatinan dan keagamaan, tetapi kami tidak bermaksud meninggikan / merendahkan agama tertentu, karena agama adalah bersifat pribadi bagi yang percaya dan mengimaninya. Tetapi di dalamnya ada pesan-pesan moral untuk menambah kebijaksanaan manusia dalam memahami agama untuk hidup berkeagamaan yang lebih baik dan menambah kesadaran manusia akan perilaku berbudi pekerti sebagai dasar dari akhlak yang mulia.

Dalam memahami kegaiban, keilmuan gaib dan mahluk halus, kebatinan dan spiritual, ketuhanan dan keagamaan dan karya-karya luhur bangsa kita dibutuhkan kearifan dan netralitas yang tinggi, karena mengandung nilai kawruh yang sangat tinggi. Jika belum matang dalam beragama maka akan muncul sentimen agama. Tiada maksud lain dari kami kecuali hanya ingin mengungkapkan fakta dan membedah warisan leluhur dengan pendekatan spiritual dan fakta sejarah sepanjang pengetahuan yang kami miliki.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan ketuhanan, selalu terkait erat dengan keagamaan dan jalan kepercayaan. Kami tidak bermaksud menonjolkan agama dan kepercayaan tertentu, atau merendahkannya, tetapi penekanan kami adalah pada aspek kebatinan dan spiritual ketuhanan itu sendiri, bukan agama.

Penulisan-penulisan ini juga tidak ditujukan untuk menggurui atau mengajarkan ilmu-ilmu tertentu yang terkait dengan kegaiban, kebatinan atau spiritual. Sekalipun ada, itu dimaksudkan untuk menjadi sesuatu yang berguna untuk dimanfaatkan untuk kebaikan manusia pada jaman sekarang, terutama bagi orang-orang yang interest, supaya tidak tersesat karena ketidaktahuan akan sisi kebatinan dan spiritualnya. Apa yang diajarkan disini adalah intisarinya saja dan disajikan dengan cara-cara dan bahasa yang sudah sangattu yang terkait dengan kegaiban, kebatinan atau spiritual. Sekalipun ada, itu dimaksudkan untuk menjadi sesuatu yang berguna untuk dimanfaatkan untuk kebaikan manusia pada jaman sekarang, terutama bagi orang-orang yang interest, supaya tidak tersesat karena ketidaktahuan akan sisi kebatinan dan spiritualnya. Apa yang diajarkan disini adalah intisarinya saja dan disajikan dengan cara-cara dan bahasa yang sudah sangat disederhanakan, sehingga tidak akan sulit bagi orang awam sekalipun yang interest untuk mempelajarinya, dan tidak akan terasa bahwa sebenarnya itu adalah pelajaran tingkat tinggi. Bagi yang telah menekuni suatu jenis keilmuan tertentu, mungkin akan lebih dapat meningkatkan kualitas keilmuannya karena akan lebih mengerti intisari filosofis kebatinan dan spiritual dari keilmuannya.

Dalam semua penulisan kami, aspek penekanannya bukan hanya pada aspek kegaibannya atau aspek mistisnya saja, tetapi terutama adalah pada aspek kesejatiannya atau aspek hakekat dari sesuatu yang menjadi topik bahasannya masing-masing, supaya para pembaca dapat mengetahui isinya, bukan hanya sebatas kulitnya, supaya para pembaca dapat mengetahui sisi hakekatnya apa adanya, entah baik ataupun buruk, bersama aspek sejarahnya, dan dapat menyesuaikan pengetahuannya pada masa sekarang, supaya dapat mengetahui dan membuktikan sendiri kebenaran pengetahuannya, sehingga tidak lagi terpengaruh oleh dogma dan pengkultusan yang tidak perlu yang seringkali menyesatkan, dan dapat mengambil sikap-sikap yang bijaksana yang terkait dengan itu.

Tujuan utama penulisan ini sebenarnya hanyalah untuk mengungkapkan informasi dan cerita saja sesuai yang sebenarnya terjadi dan untuk mengajak berpikir positif, logis dan realistis, tidak berpikir klenik dan tahayul, dengan jalan mengungkapkan cerita-cerita yang sebenarnya sesuai aslinya, meluruskan cerita dan mitos di masyarakat yang keliru, jika ada, menjauhkan pengkultusan, pemutar-balikkan fakta, dan fitnah, jika ada, terhadap tokoh-tokoh tertentu manusia ataupun mahluk halus, dan menambah pengetahuan dan kebijaksanaan untuk dapat bersikap dan bertindak jika ada di antara kita atau anggota keluarga kita yang mengalami suatu kejadian yang bersifat mistis.

Penulis tidak bermaksud sok ahli dalam bidang supranatural, juga tidak membuka praktek paranormal atau pun perguruan, hanya seorang manusia biasa saja yang beritikad baik untuk sumbang pemikiran kepada siapa saja yang berkenan menerimanya dengan harapan dapat bermanfaat bagi semua orang. Walaupun mungkin pandangan Penulis berbeda dengan pandangan dan pendapat orang-orang "tua"  atau cerita-cerita di masyarakat, tetapi mudah-mudahan kita dapat memperoleh wawasan baru dan kita dapat berpikir dan bersikap positif mengenai hal itu. Jika tidak berkenan, anggap saja tulisan-tulisan itu sebagai cerita karangan biasa.

Dalam penulisan-penulisan ini digunakan pemahaman dan bahasa orang jaman sekarang, tidak digunakan bahasa atau istilah-istilah eksklusif jaman dulu yang mungkin tidak dimengerti oleh orang-orang pada jaman sekarang (yang mungkin Penulis sendiri pun tidak mengerti artinya).


www.nur-maunah.blogspot.com

Silakan kirimkan via email ke: hikmatul.ilmi@gmail.com  untuk menyampaikan pendapat / komentar dan cerita-cerita atau pengalaman anda untuk dapat dimuat di forum ini.

1 komentar: